jenis kaca film mobil

Kaca Film Mobil

Industri otomotif begitu banyak printilan yang sering kali menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Salah satunya adalah bisnis kaca film mobil. Banyak orang yang menganggap kaca film ini biasa saja, namut ternyata jika dipelajari dengan detail, ada banyak jenis, merk, dan tentu harga.

Oleh karena itu, di artikel ini tim Custom Feast ingin menuliskan soal jenis kaca film mobil, merk, hingga harga. Sebelum melanjutkan membaca, jangan lupa ikuti beberapa akun sosial media kami seperti instagram, facebook, hingga tiktok dan youtube.

Kaca Film Mobil
foto oleh: Danila Shtantsov 

Kaca Mobil

Sebelum mengulas tentang kaca film mobil, sebelumnya kenalan dulu dengan kaca mobil itu sendiri. Berikut ini adalah pembagian jenis kaca mobil yang kami temukan di internet. Untuk memudahkannya, bisa dibagi menjadi 3 bagian atau tiga jenis yaitu kaca depan, kaca samping, dan kaca belakang.

Kaca Depan (Windshield)

Kaca depan mobil, yang juga dikenal sebagai windshield, memiliki peran yang sangat penting dalam keselamatan pengemudi dan penumpang. Biasanya terbuat dari kaca laminasi, windshield dirancang untuk menahan benturan dan memberikan perlindungan struktural saat terjadi kecelakaan. Selain itu, kaca laminasi ini mencegah pecah berkeping-keping, sehingga potongan kaca yang tajam tidak menimbulkan cedera serius pada penghuni kendaraan.

Selain berfungsi sebagai perlindungan, windshield juga penting untuk memberikan pandangan yang jelas kepada pengemudi, memungkinkan mereka untuk melihat jalan dengan baik dan merespons situasi secara cepat dan tepat. Kaca depan juga sering kali dilengkapi dengan teknologi tambahan seperti sensor hujan, kamera, dan sistem pencegah kabut, yang semuanya menambah nilai fungsionalitas dan keamanan pada kendaraan.

Kaca Samping (Side Windows)

Kaca samping mobil, atau side windows, berperan penting dalam memberikan pandangan menyeluruh kepada pengemudi dan penumpang serta memberikan sirkulasi udara yang memadai di dalam kendaraan. Biasanya terbuat dari kaca tempered yang kuat, kaca samping ini dirancang untuk memberikan perlindungan saat terjadi benturan dan pecah menjadi potongan kecil yang lebih aman daripada kaca biasa.

Baca Juga  Asuransi Mobil Mega Insurance
Kaca Samping - kaca film mobil
foto oleh: Mike Bird

Selain itu, kaca samping sering kali dapat dibuka dan ditutup sesuai keinginan, memberikan akses yang mudah ke luar dan memberikan sirkulasi udara yang diperlukan di dalam kendaraan. Beberapa kendaraan dilengkapi dengan kaca samping yang dapat diatur elektronik untuk membuka atau menutup dengan sentuhan tombol, meningkatkan kenyamanan dan kemudahan penggunaan.

Kaca Belakang (Rear Window)

Kaca belakang mobil, atau rear window, memiliki peran penting dalam memberikan pandangan belakang kepada pengemudi, memungkinkan mereka untuk mengawasi lalu lintas di belakang kendaraan dengan lebih baik. Kaca belakang umumnya terbuat dari kaca tempered, yang kuat dan tahan terhadap tekanan serta benturan.

Selain itu, kaca belakang juga sering dilengkapi dengan teknologi pemanas, yang membantu menghilangkan embun atau es pada kondisi cuaca dingin, meningkatkan visibilitas dan keamanan saat berkendara.

kaca film mobil belakang
foto oleh: Mike Bird

Tingkat Transparansi Kaca Mobil

Selain jenis, tentu yang menjadi pembeda kaca mobil adalah tingkat transparansinya. Untuk kaca mobil dibagi menjadi beberapa jenis, namun yang sering dikenal di masyarakat umum dibagi menjadi dua jenis tingkat transparansi yaitu kaca jernih (Clear Glass) dan kaca berwarna (Tinted Glass).

Merek Kaca Mobil Terkenal di Indonesia

Ada banyak merk kaca mobil yang ada di Indonesia, beberapa yang familiar di pasaran adalah sebagai berikut:

  • AGC Automotive: merupakan salah satu produsen kaca otomotif terkemuka yang menyediakan berbagai jenis kaca mobil dengan kualitas terjamin.
  • Saint-Gobain Sekurit: produsen kaca mobil ternama dengan beragam produk berkualitas, termasuk kaca laminasi dan kaca tempered.
  • Asahi Glass Company (AGC): perusahaan internasional yang juga memproduksi kaca mobil berkualitas tinggi dan inovatif.
  • Pilkington: merek terkenal lainnya yang menawarkan berbagai jenis kaca otomotif dengan fokus pada keamanan dan kualitas optik.
Baca Juga  Tren Modifikasi Mobil di Indonesia

Kaca Film Mobil

Setelah pembahasan tentang kaca mobil, di sini saatnya informasi tentang kaca film mobil kami tulis. Secara singkat kami tulis seperti di atas, yaitu jenis, tingkat transparansi, dan merk yang terkenal di Indonesia.

jenis kaca film mobil
sumber gambar: auto2000

Jenis Kaca Film Mobil

Untuk jenis kaca film mobil boleh dikategorikan menjadi beberapa jenis, yaitu cermin, non-cermin, security dan anti gores.

  1. Kaca Film Cermin (Reflective Film): kaca film ini memiliki lapisan reflektif yang memantulkan cahaya matahari dan panas, membantu menjaga suhu dalam mobil lebih rendah.
  2. Kaca Film Non-Cermin (Non-Reflective Film): kaca film ini tidak memiliki lapisan reflektif, tetapi masih dapat mengurangi panas dan cahaya UV dengan cara menyerapnya.
  3. Kaca Film Security (Security Film): jenis kaca film ini dirancang untuk memberikan keamanan tambahan dengan memperkuat kaca dan mencegah pecah berkeping-keping.
  4. Kaca Film Anti-Gores (Anti-Scratch Film): kaca film ini memiliki lapisan anti-gores yang membantu melindungi kaca dari goresan dan kerusakan ringan lainnya.

Tingkat Transparansi Kaca Film Mobil

Untuk tingkat transparansi bisa dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut:

  • Kaca Film Lengkap (Full Transparency): memiliki tingkat transparansi tinggi sehingga pandangan dari dalam dan luar mobil tidak terganggu.
  • Kaca Film Semi-Transparan (Semi-Transparent): memberikan sedikit privasi dengan mengurangi kejelasan pandangan dari luar, namun masih memungkinkan cahaya masuk dengan baik.
  • Kaca Film Gelap (Dark Tint): memberikan tingkat privasi yang lebih tinggi dengan mengurangi transparansi, sehingga lebih sulit bagi orang luar untuk melihat ke dalam mobil.

Dari ketiga jenis tersebut biasanya di pasaran dinilai dengan persen dan sesuai kebutuhan masing-masing. Untuk yang direkomendasikan oleh kebanyakan dealer resmi yaitu:

  • Kaca depan: gunakan tingkat kegelapan 20% atau paling tinggi 40% agar pandangan pengemudi aman.
  • Kaca samping: untuk kaca samping tingkat kegelapan nya bisa lebih tinggi dari kaca depan. Misal kaca depan menggunakan 20% maka samping bisa 40%, ketika depan 40% maka samping bisa menggunakan yang 60%. Semakin gelap maka privacy lebih aman, namun tetap perlu diperhatikan juga apakah mobil sering digunakan pada malam hari atau tidak?
Baca Juga  Bengkel Modifikasi Mobil
tingkat kegelapan kaca film mobil
sumber gambar: autofun

Merek Kaca Film Mobil Terkenal di Indonesia

Beberapa brand yang familiar di Indonesia untuk kaca film yaitu sebagai berikut:

  • V-Kool: salah satu merek terkemuka dalam industri kaca film mobil yang terkenal dengan teknologi canggihnya dalam mengurangi panas dan cahaya UV.
  • 3M Automotive Film: merek terkenal lainnya yang menyediakan berbagai jenis kaca film mobil dengan kualitas terjamin dan teknologi inovatif.
  • LLumar: merek internasional yang populer di Indonesia dan menawarkan beragam produk kaca film mobil dengan berbagai tingkat transparansi dan keamanan.
  • Solar Gard: produsen kaca film mobil yang telah terbukti dengan produk berkualitas tinggi yang efektif dalam mengurangi panas dan melindungi interior mobil dari sinar UV.

Itulah beberapa jenis kaca film mobil, tingkat transparansi, dan merek terkenal di Indonesia. Pastikan untuk memilih kaca film yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan untuk mengikuti regulasi yang berlaku terkait ketebalan dan jenis kaca film yang diizinkan di wilayah Anda.

Terima kasih sudah berkenan berkunjung ke blog Custom Feast, semoga tulisan kami tentang Kaca Film Mobil dapat menambah informasi seputar dunia otomotif dan komunitas otomotif. Jika ada kritik atau saran bisa menghubungi kami melalui kontak yang tersedia di website ini. Untuk layanan kerjasama juga kami terima, kami terbuka untuk kalian semua.

kontak custom feast

Ikuti beberapa akun sosial media kami:

 

Similar Posts