Speedometer Motor Blank
|

Speedometer Motor Sunburn

Speedometer motor Anda buram? Kondisi tersebut sering disebut dengan istilah sunburn. Jika speedometer motor sunburn, caranya cukup mudah yaitu tinggal ganti lapisan polarizernya. Di artikel ini tim Custom Feast ingin mengulas tentang speedometer sunburn, mulai dari cara mencegah hingga cara perbaikan. Simak hingga akhir artikel ini agar speedometer motor kalian aman dari masalah speedometer buram.

Speedometer Motor Sunburn
sumber gb. postingan akun Annoy Bast di grup Aerox 155 Indonesia

Speedometer Motor Sunburn

Istilah “speedometer sunburn” merujuk pada kerusakan pada lapisan pelindung speedometer akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Paparan sinar UV pada lapisan pelindung speedometer yang terus-menerus dapat mempercepat pengikisan atau penipisan lapisan tersebut. Hal ini dapat membuat speedometer terlihat buram atau pudar, bahkan menyebabkan angka-angka dan tanda-tanda pada speedometer sulit dibaca.

Selain itu, sinar matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik dalam speedometer, seperti sensor, pengukur kecepatan, atau indikator bahan bakar. Oleh karena itu, penting untuk mencegah speedometer dari paparan sinar matahari langsung agar dapat menjaga kondisi dan kinerja speedometer dengan baik.

Tips Mencegah Speedometer Motor Sunburn

Speedometer motor pada sepeda motor sering terkena sinar matahari langsung dan dapat mengalami kerusakan akibat paparan sinar UV yang berlebihan. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah speedometer motor sunburn:

  • Gunakan Cover Pelindung: Untuk mencegah paparan sinar matahari langsung pada speedometer, Anda dapat menggunakan cover pelindung yang tersedia di toko aksesori sepeda motor. Cover pelindung dapat melindungi speedometer dari sinar matahari dan juga debu.
  • Tempat Parkir yang Terlindungi: Pilih tempat parkir sepeda motor yang terlindungi dari sinar matahari langsung. Cobalah untuk memilih tempat parkir yang memiliki naungan atau atap untuk melindungi sepeda motor dari paparan sinar matahari.
  • Gunakan Lap Kain: Gunakan lap kain untuk menutupi speedometer motor ketika tidak digunakan atau saat sedang diparkir di bawah sinar matahari yang terik. Lap kain dapat membantu melindungi speedometer dari paparan sinar matahari langsung.
  • Rutin Membersihkan: Membersihkan speedometer motor secara rutin dapat membantu menjaga kondisi dan kinerja speedometer. Selain itu, membersihkan speedometer secara berkala dapat membantu Anda menghindari kerusakan yang disebabkan oleh debu atau kotoran yang menempel pada speedometer.
  • Menghindari Produk Pembersih yang Mengandung Bahan Kimia: Hindari penggunaan produk pembersih yang mengandung bahan kimia keras pada speedometer motor. Bahan kimia tersebut dapat merusak lapisan pelindung speedometer dan mempercepat terjadinya sunburn pada speedometer motor.
Baca Juga  Jasa Custom Speedometer di Kendari

Dengan menjaga speedometer motor dari paparan sinar matahari langsung, Anda dapat mencegah terjadinya sunburn pada speedometer dan menjaga kondisi serta kinerja speedometer motor Anda.

Speedometer Motor Blank
sumber gb. postingan akun Rafa Rizky

Cara Memperbaiki Speedometer Motor Sunburn

Jika speedometer motor Anda telah mengalami kerusakan akibat sunburn, maka beberapa opsi perbaikan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Mengganti Lapisan Pelindung: Jika sunburn hanya terjadi pada lapisan pelindung speedometer, maka solusi yang paling mudah adalah dengan mengganti lapisan pelindung tersebut. Anda dapat membawa sepeda motor Anda ke bengkel terdekat untuk melakukan penggantian lapisan pelindung speedometer.
  • Mengganti Bagian Speedometer yang Rusak: Jika sunburn menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian dalam speedometer, seperti sensor atau pengukur kecepatan, maka bagian tersebut harus diganti dengan yang baru. Penggantian bagian speedometer biasanya dilakukan oleh teknisi yang terlatih dan membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan penggantian lapisan pelindung.
  • Memperbaiki Sendiri: Jika Anda merasa cukup ahli dan yakin dapat memperbaiki speedometer motor Anda sendiri, maka Anda dapat mencoba untuk memperbaiki sendiri. Namun, Anda harus hati-hati karena kesalahan dalam melakukan perbaikan dapat memperparah kerusakan speedometer.
  • Membeli Speedometer Baru: Jika kerusakan pada speedometer cukup parah, maka solusi terbaik mungkin adalah dengan membeli speedometer baru yang sesuai dengan tipe dan merek sepeda motor Anda.

Namun, sebaiknya Anda selalu menghindari terjadinya sunburn pada speedometer dengan menjaga speedometer dari paparan sinar matahari langsung. Dengan demikian, Anda dapat mencegah kerusakan pada speedometer dan menghindari biaya yang mahal untuk memperbaikinya.

Speedometer Aerox Buram (Sunburn)

Speedometer Yamaha Aerox memiliki tampilan yang modern dengan desain yang canggih dan futuristik, dengan lampu-lampu LED dan layar LCD. Namun, beberapa pengguna Aerox melaporkan bahwa speedometer motor mereka cenderung lebih rentan terkena sunburn dibandingkan dengan sepeda motor lainnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  1. Bahan Pelindung: Pelindung speedometer Aerox terbuat dari bahan plastik yang cenderung lebih rentan terhadap sinar matahari dibandingkan dengan bahan pelindung lainnya, seperti kaca atau bahan sintetis yang lebih tahan terhadap sinar UV.
  2. Lokasi Speedometer: Speedometer Aerox terletak pada bagian depan yang terbuka, sehingga terpapar sinar matahari secara langsung. Selain itu, posisi speedometer yang terletak agak rendah pada Aerox membuat sinar matahari mudah menjangkaunya.
  3. Desain: Desain speedometer Aerox yang modern dengan layar LCD dan lampu LED juga dapat mempercepat kerusakan akibat sunburn, terutama jika layar tersebut tidak dilindungi dengan lapisan pelindung yang tahan terhadap sinar UV.
Baca Juga  Jasa Custom Speedometer di Bandung

Meskipun demikian, sunburn pada speedometer Aerox bisa dicegah dengan cara menghindari terpapar langsung oleh sinar matahari, seperti dengan menutupi speedometer menggunakan cover pelindung atau lap kain ketika tidak digunakan atau saat diparkir di bawah sinar matahari yang terik. Selain itu, pemilihan bahan pelindung yang lebih tahan terhadap sinar matahari juga dapat membantu menghindari kerusakan akibat sunburn pada speedometer Aerox.

Apabila Anda punya usaha service speedometer motor sunburn, bisa promosikan melalui Custom Feast, info lebih lanjut hubungi whatsapp tim kami.

kontak custom feast

Terima kasih sudah berkenan berkunjung ke blog Custom Feast, semoga tulisan kami yang berjudul Mengenal Dan Mengatasi Speedometer Motor Sunburn dapat menambah informasi seputar dunia otomotif dan komunitas otomotif. Jika ada kritik atau saran bisa menghubungi kami melalui kontak yang tersedia di website ini. Untuk layanan kerjasama juga kami terima, kami terbuka untuk kalian semua.

Ikuti beberapa akun sosial media kami:

Similar Posts